VISI & MISI

Visi

Pada tahun 2030 menjadi Program Studi Statistika yang bermutu dan mampu menghasilkan sarjana Statistika yang beriman dan bertaqwa, cerdas, terampil, memiliki budaya akademik yang tinggi dan kemampuan berwirausaha serta mampu bersaing di tingkat global.

Misi

Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang bermutu dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan sarjana Statistika yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun global.
Menciptakan budaya akademik yang tinggi, menumbuhkan kemampuan berwirausaha, dan menciptakan suasana religius dalam setiap kegiatan akademik dan non akademik.
Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan bidang Statistika sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun di luar negeri.

Tujuan

Menghasilkan sarjana Statistika yang profesional, mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, mempunyai kemampuan berwirausaha, beriman dan bertaqwa, sesuai dengan kebutuhan stakeholder, dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun global.
Menghasilkan karya-karya ilmiah yang bermutu berdasarkan hasil penelitian dalam bidang Statistika sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Memberikan layanan kepada masyarakat dengan cara mengaplikasikan bidang Statistika sesuai dengan yang mereka butuhkan.
Memiliki dan menjalankan kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi-institusi mitra baik dari dalam maupun luar negeri khususnya yang terkait dengan pengembangan Program Studi Statistika.
Secara umum terdapat dua kelompok besar profil lulusan Program Studi S1 Statistika UNJ yaitu:
  1. Akademisi, adalah orang yang berpendidikan tinggi dan bekerja sebagai pengajar atau peneliti di lembaga/institusi pendidikan. Lulusan Program Studi S1 Statistika UNJ juga dipersiapkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Praktisi Statistik, adalah pelaksana atau orang yang melakukan pekerjaan dengan menggunakan metode-metode statistika yang bekerja pada berbagai bidang ilmu terapan.
Contoh profil lulusan Progam Studi Statistika sebagai praktisi statistik diantaranya:
  • Data Analyst pada berbagai bidang terapan
  • Managemen/Pengelola Data (database developer)
  • Konsultan
  • Aktuaris
  • Quality Control
  • Analis data mining
  • Programmer (Computer Programmer),
Lulusan Program Studi S1 Statistika UNJ akan memiliki keahlian penciri Psikometri. Dengan  keahlian penciri tersebut maka profil lulusannya juga diharapkan dapat berkiprah sebagai penyusun atau pengembang alat uji (test) yang akurat untuk mengukur sikap, kebiasaan, keterampilan (skill) maupun kecerdasan intelektual seseorang, dimana hasil test ini dapat digunakan sebagai salah satu kriteria dalam penerimaan pegawai pada instansi pemerintah maupun swasta.

ORGANISASI

Koordinator Program Studi : Dra. Widyanti Rahayu, M.Si.

Dosen – Dosen:

  1. Prof. Dr. Suyono, M.Si.

  2. Dr. Bagus Sumargo

  3. Dian Handayani, M.Si

  4. Vera Maya Santi, M.Si.

  5. Siti Rohmah Rohimah, S.Pd., M.Si.

  6. Dania Siregar, S.Stat., M.Si.