Mahasiswa Biologi UNJ  Antusias Ikuti Program Pelatihan International di Malaysia

Mahasiswa Biologi UNJ Antusias Ikuti Program Pelatihan International di Malaysia

Mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) antusias dalam mengikuti pelatihan “Natural Antimicrobial Products” di Institute of Bioproduct Development (IBD) Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Johor Bahru, Malaysia.

Melalui program kerjasama antara UNJ, IBD- UTM dan Sateera Biotech Sdn. Bhd., dan Nutrition Technologies Sdn.Bhd., Malaysia, dilangsungkan workshop bagi mahasiswa prodi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) selama 3 hari. Kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari Mahasiswa dan Dosen program studi S1 Biologi dan S1 dan S2 Pendidikan Biologi. Kegiatan berlangsung dari tanggal 29 Desember 2022 hingga 1 Desember 2022.

Acara ini secara langsung dihadiri oleh Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si selaku  Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UNJ. Hadir pula Direktur Institut Bioproduct Development, Universiti Teknologi Malaysia, Prof. Dr. Hesyam A. EL Enshashi, Eksekutif Direktur Sateera Biotech Sdn. Bhd., Dr. Low Hock Heng, dan Yang secara langsung menyampaikan materi kepada peserta workshop.

Pada workshop kali ini peserta mendapatkan materi mengenai bahan alami yang memiliki potensi untuk menjadi produk antimikroba, materi ini sangat menarik karena sedang dijadikan perbincangan hangat di industri produk olahan pangan dan obat. Sudah banyak bidang industri yang menerapkan konsep bioteknologi pada hasil produksinya. Sehingga topik ini dianggap sangat tepat untuk dijadikan bekal mahasiswa biologi dalam melakukan riset kedepanya.

Selain itu peserta juga berkesempatan secara langsung berkunjung ke Laboratorium IBD, UTM, Malaysia. Pada kesempatan ini peserta dikenalkan dengan produk-produk yang dihasilkan oleh IBD mulai dari produk kosmetik, essential oil, obat, olahan pangan dan sebagainya. Peserta juga dikenalkan dengan peralatan laboratorium yang digunakan untuk mengolah produk-produk tersebut..

Pihak UTM juga turut mengundang Nutrition Technologies (NT) sebagai narasumber dalam workshop kali ini, topik yang diberikan oleh NT pada kesempatan kali ini sangat menarik. NT memperkenalkan produk inti mereka yaitu larva lalat hitam dalam proses daur ulang nutrisi. Produk yang dihasilkan selanjutnya dapat diaplikasikan pada pertanian untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan pelatihan ditutup langsung oleh Direktur Institut Bioproduct Development, Universiti Teknologi Malaysia, Prof. Dr. Hesyam A. EL Enshashi disertai dengan penyerahan plakat sebagai cinderamata serta penyerahan sertifikat kepada peserta workshop. Harapan kedepanya UNJ, IBD-UTM, Sateera Biotech Sdn. Bhd., dan Nutrition Technologies Sdn. Bhd dapat terus melakukan kerjasama dalam berbagai bidang seperti Research and Development programs, training, excecutive programs, CSR, dan internship program.