Kunjungan Prodi Biologi ke BBUSKP

Kunjungan Prodi Biologi ke BBUSKP

Kunjungan ke laboratorium BBUSKP dan Kuliah umum

Dalam rangka bulan bakti karantina ke 142 tahun, Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian (BBUSKP) mengadakan kuliah umum dan kunjungan para mahasiswa Prodi Biologi UNJ ke laboratorium BBUSKP Rawamangun.  Kegiatan dilakukan pada hari Senin 1 Juli 2019, acara ini dilakukan di Ruang Seminar Karantina Tumbuhan BBUSKP.  Acara dihadiri oleh para dosen Biologi Dr. Reni Indrayanti, Dr Tri Handayani K., Dr Elsa Lisanti, drh Atin Supiani, Pinta M.Si, Dr Dalia Sukmawati serta para mahasiswa prodi Biologi Angkatan 2017 dan Angkatan 2016.

Kegiatan dia awali dengan paparan kepala BBUSKP drh. Sriyanto, M.Si, P.hD mengenai  “Peran Karantina Pertanian dalam Mencegah Masuk dan Terebarnya Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Penggangu Tumbuhan Karantina (OPTK) ke Wilayah Republik Indonesia. Beliau memaparkan bahwa Badan Karantina Pertanian juga memiliki unit pelaksana teknis (UPT) yang bertugas melaksanakan kegiatan operasional perkarantinaan hewan dan tumbuhan, serta pengawasan keamanan hayati hewani dan nabati di seluruh wilayah Indonesia terdapat 52 UPT yang memiliki peran sebagai garda terdepan dalam perlindungan terhadap invasi  OPTK ke wilayah Indonesia. BBUSKP juga berperan dalam masyarakat dalam memberikan pelayanan pada masyarakat dan Lembaga terutama perguruan tinggi dalam memberikan pengetahuan mengenai organisme penganggu tumbuhan karantina.  Selain dilakukan kuliah umum juga dilakukan kunjungan para mahasiswa dan dosen ke laboratorium BBUSKP.

Kegiatan Kuliah Umum Mahasiswa Prodi Biologi UNJ di BBUSKP Rawamangun

Laboratorium dikunjungi meliputi Tanaman, Laboratorium Kehati dan Laboratorium Hewan dengan penjelasan mengenai fasilitas dan cara kerja serta prinsip alat yang ada di laboratorium tersebut.

Kunjungan dan penjelasan mengenai laboratorium dilakukan di semua lab. di BBUSK. Sarana, prasarana, dan fasilitas di dalam setiap laboratorium sangat lengkap, dan sangat sesuai dengan kebutuhan tiap masing-masing laboratorium. Kegiatan diakhiri dengan pembicaraan singkat antara ketua Balai BBUSKP dengan Koordinator Program Studi Biologi Dr. Reni Indrayanti mengenai kemungkinan kolaborasi antara Prodi Biologi dengan BBUSKP ke depannya (Penulis DS).

Kunjungan Mahasiswa ke Laboratorium BBUSKP