PKMPB BIOLOGI 2022

PKMPB BIOLOGI 2022

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi Bersama (PKMPB) Biologi 2022

Sebagai upaya untuk membentuk kader-kader generasi muda sekaligus melatih dan membina kemampuan manajerial serta leadership bagi pengurus OPMAWA (Organisasi Pemerintahan Mahasiswa) Rumpun Biologi, Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi (BEMP) Biologi dan Pendidikan Biologi menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Program Studi Bersama (PKMPB) Biologi 2022.

PKMPB Biologi merupakan suatu kegiatan orientasi bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan dasar-dasar kepemimpinan serta mempersiapkan mahasiswa/i untuk turut aktif bergabung dalam Organisasi Pemerintahan Mahasiswa (OPMAWA) di lingkungan Rumpun Biologi FMIPA UNJ. Kegiatan PKMPB Biologi tahun ini dilaksanakan secara hybrid dengan kegiatan daring melalui Zoom Meetings dan luring di Gedung KH. Hasyim Asy’arie serta Gedung RA Kartini UNJ. Kegiatan PKMPB Biologi 2022 diikuti kurang lebih 160 mahasiswa/i semester 1 dan 3 di prodi Biologi dan Pendidikan Biologi FMIPA UNJ.

Terdapat 3 rangkaian yaitu rangkaian 1 pada tanggal 5 November 2022, rangkaian 2 pada tanggal 19 November 2022, dan rangkaian 3 pada tanggal 27 November 2022. Pada tahun 2022 ini PKMPB Biologi mengambil tema “Membangun Kembali Semangat Pemimpin Muda Berkarakter 4C”, yang diharapkan peserta dapat meningkatkan kreatifitas, critical thinking, dan menjadi calon pemimpin yang komunikatif dan kolaboratif.

Terdapat 5 materi yang disampaikan pada PKMPB Biologi 2022. Materi pertama adalah Public Speaking yang disampaikan oleh Dinda Rosyidah yang secara garis besar membahas keterampilan dalam berbicara kepada sekelompok orang yang di dalamnya terjadi suatu interaksi diantara komunikator dan komunikan. Materi kedua adalah Mekanisme Pemilu yang disampaikan oleh Hani Nur’aini, yang mana dalam pemilu UNJ diartikan sebagai sarana suksesi OPMAWA UNJ yang dilakukan pada akhir kepengurusan opmawa pada waktu dan tempat yang telah ditentukan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan pemilu UNJ serta sarana pelaksanaan kedaulatan mahasiswa UNJ. Materi ketiga adalah Mekanisme Sidang yang disampaikan oleh Rosmalida Widianti merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang organisatoris karena Sidang adalah suatu forum normal dalam suatu organisasi yang digunakan dalam membahas masalah tertentu dalam upaya menghasilkan keputusan, yang akan menjadi sebuah ketetapan.

Materi keempat adalah Pergerakan Mahasiswa yang disampaikan oleh Arif Satrio Pamungkas yang menjelaskan bahwa sebagai anggota BEM/LLM kita harus memiliki sikap yang kritis terhadap kebijakan atau peraturan yang menyulitkan bagi mahasiswa.

Materi kelima yaitu Kapita Selekta BEM dan LLM yang disampaikan oleh Muhamad Raihan Maulidan dan Khalisdia Falah Baldimaron untuk Kapita Selekta BEM dan Salma Nur Rabbani dan Lutfi Permana untuk Kapita Selekta LLM. Dapat dikatakan peserta PKMPB Biologi 2022 cukup antusias, hal ini dapat dilihat dari peserta yang telah bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh pihak panitia. Selain itu, pada setiap sesi tanya jawab dengan pembicara para peserta aktif bertanya dan juga menyampaikan argumen.

Melalui kegiatan ini diharapkan ada penambahan wawasan dalam berpikir, bersikap dan bertingkah laku. Saat ini menjadi pemimpin sangatlah sulit, karena pemimpin dituntut mampu menyatukan perbedaan dan serta mampu menyatukan seluruh anggotanya dalam suatu organisasi. Keberhasilan suatu organisasi ditentukan dari pemimpin yang mampu mengajak organisasi mencapai tujuan yang jelas.

 

© Departemen Informasi dan Komunikasi BEMP Biologi FMIPA UNJ 2022