Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Menggunakan Model  Pembelajaran TAPPS Pada Materi Trigonometri di Kelas X IPS SMA Al-Muslim Tambun

Text

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran TAPPS Pada Materi Trigonometri di Kelas X IPS SMA Al-Muslim Tambun



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik melalui penerapan model pemebelajaran kooperatif tipe Thinking Alous Pair Problem Solving (TAPPS) pada kelas X IPS dengan materi trigonometri. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan tujuh indikator pemahaman konsep matematika diantaranya adalah menyatakan ulang sebuah konsep,Memberikan contoh dan non contoh dari konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, menggunakan algoritma yang terkait dengan konsep , mengaitkan berbagai konsep, menggunakan konsep yang sesuai dalam memecahkan masalah. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik yang dipilih dari 30 peserta didik kelas X IPS SMA Al-Muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika yang dialami oleh peserta didik kelas X IPS SMA Al-Muslim setelah dilakukan penerapan model pembelajaran TAPPS. Pernyataan tersebut didasari hasil yang telah didapatkan setiap akhir siklus, pada tes pra siklus nilai rata-rata peserta didik adalah 5,36%, pada tes siklus I meningkat menjadi 18,97%, pada tes siklus II meningkat menjadi 64,17% dan pada siklus III menjadi 86,9. Peningkatan terjadi 66,67% peserta didik pada tes pra siklus ke tes siklus I, dari siklus I ke siklus II terdapat 50% peserta didik yang mengalami peningkatan, dan pada siklus II ke siklus III yang mengalami peningkatan sebesar 90% peserta didik.


Ketersediaan

M1517019M15.17 019Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 019
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this