Image of Pengaruh Perbandingan Polylactic Acid (Pla) dan Gliserol terhadap Karakter Film Biodegradable dari Pati Biji Durian (Durio Zibethinus Murr)

Text

Pengaruh Perbandingan Polylactic Acid (Pla) dan Gliserol terhadap Karakter Film Biodegradable dari Pati Biji Durian (Durio Zibethinus Murr)



Penelitian ini bertujuan membuat film plastik biodegradable dari pati biji durian dengan memanfaatkan gliserol dan Polylactic acid, serta mengkarakterisasinya (ketahanan air, sifat mekanik, dan uji biodegradasi). Penelitian ini menggunakan metode blending, dimana pati biji durian dicampur dengan gliserol pada suhu 800C dengan kecepatan 500 rpm, sesudah homogen, ditambahkan asam asetat. Sementara itu, Polylactic acid dilarutkan didalam kloroform dan dipanaskan pada suhu 400C dengan kecepatan 200 rpm, ketika Polylactic acid sudah larut dengan sempurna, ditambahkan asam maleat dan dilarutkan kembali hingga homogen. Setelah kedua larutan homogen, kedua larutan dicampur hingga homogen, kemudian dicetak. Hasil analisis spektrum inframerah menunjukkan regangan OH untuk pati biji durian berada pada bilangan gelombang 3246,20 cm-1 berubah menjadi 3379,29 cm-1 untuk film plastik yang ditambahkan plasticizier. Ketahanan film plastik terhadap air tertinggi sebesar 95.87% pada film plastik dengan perbandingan gliserol:PLA (2:6). Kekuatan tarik tertinggi yaitu sebesar 64,707 MPa pada film plastik dengan perbandingan 2:6 (Gliserol:PLA), sedangkan persentase pemanjangan tertinggi yaitu 30% pada film plastik dengan perbandingan gliserol:PLA (4:4). Film plastik gliserol:PLA (6:2) paling terdegradasi, massa yang hilang sebesar 72,84 % dengan laju degradasinya 14,27 mg/hari. Berdasarkan data-data tesebut dapat disimpulkan bahwa perbandingan Polylctic acid dan gliserol mempengaruhi sifat mekanik, dan sift biodegradasi dari suatu film, namun tidak mempengaruhi sifat morfologi dari film tersebut.


Ketersediaan

K2517017K25.17 017Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K25.17 017
Penerbit Jurusan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K25.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this