Image of Sintesis Komposit Silika Gel dari Sekam Padi –3-Aminopropiltrietoksisilan(Aptes) dengan Karbon Aktif dari Tempurung Kelapa dan Uji Adsorpsi terhadap Logam Cd(II)

Text

Sintesis Komposit Silika Gel dari Sekam Padi –3-Aminopropiltrietoksisilan(Aptes) dengan Karbon Aktif dari Tempurung Kelapa dan Uji Adsorpsi terhadap Logam Cd(II)



Pada penelitian ini dibuat adsorben komposit silika gel dimodifikasi dengan APTES dan karbon aktif. Silika gel berasal dari sekam padi dan karbon aktif berasal dari tempurung kelapa. Abu sekam padi ini diolah sedemikian rupa menjadi larutan natrium silikat hingga menghasilkan produk silika gel. Silika gel kemudian dicampurkan dengan reagen 3-aminopropiltrietoksisilan (APTES) dan karbon aktif yang telah diaktifasi sebelumnya dengan larutan ZnCl2 dan diproses menjadi komposit. Karakterisasi komposit hasil sintesis menggunakan spektroskopi FTIR menunjukkan serapan ikatan N-H, silanol (Si-OH), siloksana (Si-O-Si), dan ikatan C-H. Kandungan dari komposit silika gel dimodifikasi dengan APTES dan karbon aktif ditunjukkan melalui hasil analisis EDX bahwa komposit hasil sintesis memiliki persentase massa masing-masing atom 32.92% karbon, 25.88% nitrogen, 26.04% oksigen, dan 15.16% silika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pH optimum yang diperlukan untuk adsorpsi ion Cd(II) dengan komposit silika gel dimodifikasi dengan APTES dan karbon aktif yaitu 5.0 dan waktu kontak optimum 30 menit. Adsorpsi ion Cd(II) oleh komposit silika gel dimodifikasi dengan APTES dan karbon aktif mengikuti isoterm adsorpsi Freundlich. Oleh karena itu, adsorpsi terjadi membentuk lapisan monolayer yang bersifat heterogen.


Ketersediaan

K2517026K25.17 026Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K25.17 026
Penerbit Jurusan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K25.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this