Image of Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Antara Siswa yang Diajar dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dan Model Concept Attainment Di SMPN 2 Jakarta

Text

Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Antara Siswa yang Diajar dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP) dan Model Concept Attainment Di SMPN 2 Jakarta



Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Teknik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling dan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan pemahman konsep matematik pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel sebanyak 4 soal uraian. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian, dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Rata-rata jumlah skor yang didapat kelas eksperimen I sebesar 17,361 dan rata-rata jumlah skor untuk kelas eksperimen II sebesar 14,278. Sehingga hasil uji-t diperoleh 3,930 1,994 hitung tabel t   t  sehingga tolak Ho. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan menggunakan model MMP memiliki perbedaan rata-rata dan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan model MMP lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajar dengan model Concept Attainment.


Ketersediaan

M1517004M15.17 004Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 004
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this