Image of Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Modul dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Pengukuran Sudut Hingga Identitas Trigonometri untuk Kelas X

Text

Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Modul dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Pengukuran Sudut Hingga Identitas Trigonometri untuk Kelas X



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) pada pokok bahasan materi trigonometri yang sesuai dengan silabus dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Kurikulum 2013 mata pelajaran matematika wajib. Bahan ajar yang dikembangkan menggunakan metode penemuan terbimbing.
Metode penelitian ini adalah research and development. Penelitian pendahuluan berupa analisis kebutuhan dilakuakan terhada 61 orang siswa kelas XI SMA Negeri 8 Tangerang Selatan. Sedangkan tahap pengembangan meliputi penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM), penulisan draft modul, validasi ahli, revisi, evaluasi guru, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, hingga menghasilkan produk akhir.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1. Penelitian pengembangan yang dilakukan telah menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika pada materi pengukuran sudut hingga identitas trigonometri untuk kelas X. Modul yang dihasilkan sesuai dengan kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator dalam standar isi Kurikulum 2013.
2. Modul matematika dengan penemuan terbimbing telah melalui serangkaian penilaian berupa validasi ahli dengan hasil interpretasi penskoran berkriteria sangat baik; evaluasi guru dengan hasil interpretasi penskoran berkriteria baik; uji coba kelompok kecil dengan hasil interpretasi penskoran berkriteria sangat baik ; dan uji coba kelompok besar dengan hasil interpretasi penskoran berkriteria baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, modul pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing yang telah dihasilkan dengan melalui tahap pengembangan ini mendapatkan respon baik dari siswa dan guru. Modul ini merupakan produk yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika di kelas.


Ketersediaan

M1517005M15.17 005Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 005
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this