Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Strategi Scaffolding dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII-A SMP Negeri 279 Jakarta

Text

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Strategi Scaffolding dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII-A SMP Negeri 279 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 279 Jakarta menggunakan strategi scaffolding dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia. Kemampuan pemecahan masalah matematika dapat ditunjukkan melalui empat indikator pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif. Tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus dengan siklus I terdiri dari 2 pertemuan, siklus II terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus III terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, catatan lapangan, alat dokumentasi, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan strategi scaffolding dengan pendekatan penddikan matematika realistik Indonesia dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes akhir yang diberikan pada setiap siklus. Rata-rata nilai tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-A pada siklus I adalah 50,0, pada siklus II meningkat menjadi 52,2, dan pada siklus III meningkat menjadi 76,4. Kemudian jumlah siswa yang memiliki nilai dengan kriteria B juga mengalamai kenaikan. Pada siklus I sebanyak 5,8% siswa, pada siklus II tetap 5,8% siswa, dan meningkat menjadi 85,7% siswa pada siklus III.


Ketersediaan

M1517006M15.17 006Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 006
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this