Image of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita di Kelas VIII–C SMP Negeri 77 Jakarta

Text

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita di Kelas VIII–C SMP Negeri 77 Jakarta



Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh siswa kelas VIII-C SMP Negeri 77 Jakarta. Hal ini dikarenakan masih diterapkannya model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan tiga aspek kemampuan komunikasi matematis yaitu kemampuan siswa dalam menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan dan menggambarkan secara visual, kemampuan siswa untuk memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis secara tertulis, dan kemampuan siswa dalam menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika, dan struktur-strukturnya untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis classroom action research (penelitian tindakan kelas). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana untuk setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-C pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 77 Jakarta dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Dari jumlah seluruh siswa kelas VIII-C dipilih 6 orang sebagai subjek penelitian yang ditentukan berdasarkan hasil tes awal kemampuan komunikasi matematis dan hasil diskusi dengan guru.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai akhir yang diperoleh pada kegiatan tes awal adalah 26,39, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 54,7, pada siklus II meningkat menjadi 77,79 dan pada siklus III meningkat menjadi 85,47. Persentase siswa yang melampaui dan mencapai standar indikator keberhasilan kemampuan komunikasi matematis pada tes awal sebesar 3.12%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 41.94%, pada siklus II meningkat menjadi 77.41% dan pada siklus III meningkat menjadi 86.11%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition di kelas VIII-C SMP Negeri 77 Jakarta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita.


Ketersediaan

M1517013M15.17 013Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 013
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this