Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengembangan Media Pembelajaran CD Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Eksponen dan Logaritma Kelas X SMA N 106 Jakarta](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_skripsi.png.png&width=200)
Text
Pengembangan Media Pembelajaran CD Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Eksponen dan Logaritma Kelas X SMA N 106 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika untuk siswa kelas X. Media pembelajaran ini dibuat karena kurangnya sumber belajar matematika berbasis teknologi yang terdapat sekolah sehingga membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar dan kesulitan untuk memahami materi eksponen dan logaritma. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan adalah materi eksponen dan logaritma dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik memiliki komponen proses pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar, dan mengomunikasikan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini melalui lima tahapan. Tahapan pertama yaitu tahap penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan menyebar angket analisis kebutuhan kepada siswa kelas X . Tahap kedua yaitu tahap perencanaan yang dimulai dengan membuat garis besar isi media (GBIM) sebagai pedoman dalam penyusunan media pembelajaran. Pembuatan GBIM disesuaikan dengan hasil analisis kurikulum, materi, dan tujuan pembelajaran. Tahap ketiga yaitu tahap pengembangan yang dimulai dengan membuat draft.. Media pembelajaran digunakan untuk uji coba lapangan. Tahap selanjutnya uji coba lapangan kelompok kecil yang melibatkan guru dan siswa. Terakhir, yaitu uji lapangan kelompok besar siswa yang melibatkan lebih banyak siswa.
Hasil dari media pembelajran yang dikembangkan telah di uji coba oleh guru berkategori sangat baik dengan persentase 88,49%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan terhadap siswa diperoleh persentase rata-rata 84,66% yang berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar siswa diperoleh persentase rata-rata 87,6% yang berkategori sangat baik. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika yang dikembangan telah layak digunakan pada proses pembelajaran siswa kelas X SMA.
Ketersediaan
M1517028 | M15.17 028 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M15.17 028
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
M15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Akmal Hakim
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain