Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Permutasi Dan Kombinasi dengan Tahapan Analisis Newman di Kelas XI SMA Negeri 2 Rangkasbitung](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_skripsi.png.png&width=200)
Text
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Permutasi Dan Kombinasi dengan Tahapan Analisis Newman di Kelas XI SMA Negeri 2 Rangkasbitung
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa, faktor penyebab kesalahan siswa, besarnya persentase kesalahan siswa, serta menentukan solusi yang dapat diajukan jika kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa sudah diketahui.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 siswa dari 28 siswa kelas XI IIA 3 SMA Negeri 2 Rangkasbitung. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenisjenis kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Newman, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui penyebab subjek penelitian melakukan kesalahan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita permutasi dan kombinasi adalah: (1) Kesalahan membaca masalah (2) Kesalahan memahami masalah (3) Kesalahan transformasi masalah (4) Kesalahan keterampilan proses (5) Kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan adalah tidak dapat menginterpretasikan angka pada soal, tidak mengetahui hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak terbiasa menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, bingung menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak paham dengan metode yang digunakan, salah memilih metode penyelesaian, tidak mengetahui metode penyelesaian yang benar, tidak dapat membedakan jenis soal yang dapat diselesaikan dengan permutasi atau kombinasi, memiliki kemampuan kognitif yang rendah, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, tidak paham dengan perhitungan yang digunakan, akibat dari kesalahan yang dilakukan sebelumnya, tidak melakukan pengecekan terhadap jawaban yang diberikan.
Besarnya persentase kesalahan pada tahapan analisis kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca masalah sebesar 6,67%, kesalahan memahami masalah sebesar 43,33%, kesalahan transformasi masalah sebesar 23,33%, kesalahan keterampilan proses sebesar 40,00% dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 43,33%.
Ketersediaan
M151700930 | M15.17 030 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M15.17 030
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
M15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Beni Adam
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain