Image of Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa yang Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Generatif dan Model Pembelajaran Novick di SMA Negeri 110 Jakarta

Text

Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa yang Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Generatif dan Model Pembelajaran Novick di SMA Negeri 110 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Generatif dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Novick. Jika terdapat perbedaan, apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Generatif lebih tinggi dari siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Novick.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 110 Jakarta pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Pengambilan sampel menggunakan teknik two stage random sampling. Tahap pertama adalah purposive sampling, dalam hal ini dipilih guru yang mengajar lima kelas. Kemudian tahap kedua adalah cluster random sampling, dipilih dua kelas secara acak dari lima kelas yang berdistribusi normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata. Dua kelas yang terpilih ditetapkan sebagai kelas eksperimen I dan II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan koneksi matematis pada pokok bahasan program linear sebanyak 8 butir soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, konstruk dan empiris. Perhitungan reiabilitas dilakukan menggunkan rumus Alpa Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar yang termasuk dalam kategori tinggi. Untuk memenuhi syarat tes yang baik, tingkat kesukaran soal dalam instrumen juga telah diperhitungkan.
Berdasarkan hasil uji analisis diperoleh bahwa kedua kelas berpopulasi normal, dan memiliki varians yang sama, sehingga dihitung dengan uji-t yang memiliki varians yang sama. Berdasarkan perhitungan uji-t didapatkan dan . Oleh karena itu, , maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemapuan koneksi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Generatif lebih tinggi daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Novick di SMA Negeri 110 Jakarta.


Ketersediaan

M1517031M15.17 031Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 031
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this