Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Lingkaran di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 112 Jakarta

Text

Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Lingkaran di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 112 Jakarta



Kemampuan koneksi matematis adalah salah satu bagian dari berpikir matematis yang penting dalam proses pembelajaran matematika. Hal itu dikarenakan hampir tidak ada materi dalam matematika yang tidak saling berkaitan satu sama lain. Berdasarkan hasil tes pra penelitian yang diberikan kepada beberapa siswa yang mempunyai kemampuan akademik yang berbedabeda menunjukkan kemampuan koneksi matematis siswa masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya menumbuhkan kemampuan koneksi matematis siswa melalui penerapan pendekatan metaphorical thinking. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pendekatan metaphorical thinking di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 112 Jakarta. Peneliti mengambil tiga indikator pembelajaran pada kemampuan koneksi matematis, yaitu mengenal dan menggunakan hubungan antar ide–ide matematika, memahami bagaimana ide–ide matematika saling berkaitan sehingga menjadi satu sistem yang utuh, mengenali dan menerapkan konsep matematika dalam konteks diluar matematika.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif. Tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada setiap siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan awal siswa, tes tiap akhir siklus, lembar aktivitas siswa, alat dokumentasi, pedoman wawancara, lembar observasi, dan pedoman catatan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes awal pada prapenelitian, memberikan tes kemampuan koneksi matematis pada tiap akhir siklus, observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan metaphorical thinking dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai ratarata tes akhir yang diberikan pada setiap siklus. Rata-rata nilai tes akhir kemampuan koneksi matematis siswa kelas XI MIPA 5 pada siklus 1 adalah 70.37, pada siklus 2 diperoleh 74.49, dan pada siklus 3 diperoleh 80.15. berdasarkan data yang diperoleh, jumlah siswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan, siklus I sejumlah 52.78%, siklus 2 sejumlah 57.57%, dan 3 sejumlah 76.47%.


Ketersediaan

M1517036M15.17 036Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 036
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this