Image of Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Antara Siswa yang Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Co-Op Co-Op di SMP Negeri 47 Jakarta

Text

Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Antara Siswa yang Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Co-Op Co-Op di SMP Negeri 47 Jakarta



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 47 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen (penelitian semu) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik two stage sampling. Sebelum memilih kelas eksperimen, peneliti terlebih dahulu melakukan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Selanjutnya terpilih dua kelas eksperimen yaitu kelas eksperimen I (belajar menggunakan tipe NHT) dan kelas eksperimen II (belajar menggunakan tipe Co-Op Co-Op). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan sebanyak enam soal. Sebelum diberikan kepada siswa, instrumen tes telah melalui uji validasi isi, konstruk, dan empiris. Selain itu instrumen tes juga dilakukan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reabilitas sebesar 0,647 yang berarti reabilitas termasuk klasifikasi tinggi.
Berdasarkan data hasil penelitian, rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen I adalah 78,78 dan kelas eksperimen II adalah 73,31. Hasil pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors diperoleh bahwa data skor kedua kelas eksperimen berasal dari populasi berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh bahwa data skor kedua kelas eksperimen memiliki varians yang sama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,297 > ttabel = 1,995 sehingga keputusannya adalah H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahawa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op.


Ketersediaan

M1517039M15.17 039Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 039
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this