Image of Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Belajar Menggunakan Model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Dan Model Reciprocal Teaching di SMP Negeri 27 Jakarta

Text

Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Belajar Menggunakan Model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Dan Model Reciprocal Teaching di SMP Negeri 27 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan model CORE lebih baik dibandingkan siswa yang belajar menggunakan model reciprocal teaching. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 27 Jakarta pada siswa kelas VIII semester genap tahun ajaran 2016-2017 pada pokok bahasan bangun ruang prisma dan limas.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pada penelitian ini dipilih empat kelas yang diajar oleh guru yang sama. Dari empat kelas yang berdistribusi normal, homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata dipilih dua kelas secara acak sebagai kelas eksperimen I (model CORE) dan kelas eksperimen II (model reciprocal teaching). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan penalaran matematis pada pokok bahasan bangun ruang prisma dan limas sebanyak 4 soal uraian. Pengujian validitas menggunakan validitas isi, konstruk, dan empiris. Perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus korelasi Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,748 yang termasuk kategori tinggi.
Berdasarkan perhitungan hasil data penelitian, kelas eksperimen I dan II masing-masing berdistribusi normal dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Kemudian, hasil uji homogenitas menunjukkan kedua kelas tersebut memiliki varians yang sama sehingga uji hipotesis menggunakan statistik uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh, nilai thitung = 2,148 lebih tinggi dari nilai ttabel = 1,668, maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan model CORE lebih baik dibandingkan siswa yang belajar menggunakan model reciprocal teaching.


Ketersediaan

M1517040M15.17 040Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 040
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this