Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi

Text

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi



Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes kemampuan awal siswa yang dilakukan di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi, menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran yaitu cooperative integrated reading and composition (CIRC). Metode pembelajaran CIRC merupakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa karena meningkatkan pemahaman siswa sehingga dapat membuat model matematika dari soal uraian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan metode pembelajaran CIRC untuk siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Bekasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan tiga siklus dimana setiap siklus menggunakan metode pembelajaran CIRC. Setiap akhir siklus diadakan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 dari 30 siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal tersebut dilihat dari meningkatnya rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika setiap siklus. Pada siklus III jumlah siswa yang mencapai skor kemampuan pemecahan masalah di atas skor 13 adalah 23 siswa dari 30 siswa, dengan presentase 85,19% dan seluruh subjek penelitian mencapai skor kemampuan pemecahan masalah di atas skor 13, berdasarkan indikator ketercapaian siklus bahwa minimal 80% dari jumlah siswa mencapai skor di atas 13, maka pada siklus III sudah tercapai.


Ketersediaan

M1517042M15.17 042Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.17 042
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this