Image of Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Mind Map pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Tipe Think Pair Share (TPS) di SMAN 67 Jakarta

Text

Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Mind Map pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Tipe Think Pair Share (TPS) di SMAN 67 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika siswa menggunakan Mind Map antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student, Team, Achievement, Divisions) dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think, Pair, Share) pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 67 Jakarta pada bulan April-Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian pos-test only. Sampel terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen A dan 36 siswa dari kelas eksperimen B. kelas eksperimen A menggunakan model pembelajaran STAD menggunakan Mind Map dan kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran TPS menggunakan Mind Map. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Hasil uji normalitas menggunakan uji chi-kuadrat menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menggunakan uji fisher menujukkan data homogen. Nilai rata-rata siswa pada pembelajaran kooperatif STAD menggunakan Mind Map adalah 74,75 dengan simpangan baku 15,54 sedangkan nilai rata-rata iswa pada pembelajaran kooperatif tipe TPS menggunakan Mind Map 66,44 dengan simpangan baku 14,61. Hasil penelitian diperoleh


Ketersediaan

F1517003F15.17 003Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F15.17 003
Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
F15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this