Detail Cantuman
Advanced SearchText
Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Mind Map pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Tipe Think Pair Share (TPS) di SMAN 67 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika siswa menggunakan Mind Map antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student, Team, Achievement, Divisions) dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think, Pair, Share) pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 67 Jakarta pada bulan April-Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian pos-test only. Sampel terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen A dan 36 siswa dari kelas eksperimen B. kelas eksperimen A menggunakan model pembelajaran STAD menggunakan Mind Map dan kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran TPS menggunakan Mind Map. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Hasil uji normalitas menggunakan uji chi-kuadrat menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menggunakan uji fisher menujukkan data homogen. Nilai rata-rata siswa pada pembelajaran kooperatif STAD menggunakan Mind Map adalah 74,75 dengan simpangan baku 15,54 sedangkan nilai rata-rata iswa pada pembelajaran kooperatif tipe TPS menggunakan Mind Map 66,44 dengan simpangan baku 14,61. Hasil penelitian diperoleh
Ketersediaan
F1517003 | F15.17 003 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F15.17 003
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
F15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Nadiya Farhana
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain