Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Android pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_skripsi.png.png&width=200)
Text
Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Android pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis
Mobile Learning adalah kegiatan pendidikan yang dapat diterapkan hanya jika teknologi yang digunakan sepenuhnya adalah ponsel dan ketika pengguna teknologi juga berpindah saat mereka belajar. Permainan interaktif adalah media pembelajaran yang didesain melalui simulasi-simulasi tertentu yang dibutuhkan agar pelajar mengikuti permainan yang disajikan dan agar pelajar mampu menerapkan semua pengalaman belajarnya dalam menyelesaikan masalah yang dimaksud. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk permainan interaktif yang diintegrasikan pada perangkat smartphone Android pada pokok bahasan Fluida Dinamis. Pengembangan dilakukan dengan metode Research and Development yang mengacu pada Desain Instruksional Dick and Carey. Permainan ini dikembangkan menggunakan software Macromedia Flash CS6 yang kemudian diintegrasikan pada smartphone menggunakan aplikasi Adobe Air. Untuk memperoleh media permainan yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran perlu dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media untuk selanjutnya dilakukan uji lapangan kepada guru dan siswa. Uji validasi dan uji lapangan dilakukan menggunakan instrument yang dinilai dengan teknik penilaian berskala Likert 5. Sedangkan uji lapangan dilakukan pada Guru Fisika SMA dan siswa SMA kelas XI. Hasil validasi ahli materi dan ahli media berturut-turut adalah 86.67% dan 83.4%. Interpretasi dari prentase tersebut adalah sangat baik, sehingga permainan bisa diujicobakan ke lapangan. Hasil uji lapangan pada guru menghasilkan bahwa permainan interaktif ini sangat baik dan uji lapangan dilanjutkan kepada siswa. Hasil uji lapangan pada siswa, permainan interkatif pokok bahasan Fluida Dinamis dapat diterima dengan baik. Berdasarkan hasil uji validasi dan hasil uji lapangan dapat disimpulkan bahwa permainan ini layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran berbasis mobile learning.
Ketersediaan
F1517020 | F15.17 020 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F15.17 020
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
F15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Amtullah Fadhillah Robbani
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain