Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengembangan E-Learning Menggunakan Cms (Content Management System) Wordpress Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA Pada Kelas XI Semester 1](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_skripsi.png.png&width=200)
Text
Pengembangan E-Learning Menggunakan Cms (Content Management System) Wordpress Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA Pada Kelas XI Semester 1
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media e-learning menggunakan CMS Wordpress sebagai media pembelajaran fisika SMA untuk kelas XI Semester 1. Model penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan (research & development). Pengembangan e-learning menggunakan CMS Wordpress ini dapat menampilkan materi fisika yang diperkaya dengan video yang terintegrasi sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep yang dikaji. Media e-learning ini juga dilengkapi dengan perangkat penilaian yang dapat digunakan secara online. Media e-learning yang dihasilkan dapat memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri tanpa harus berada dalam suatu ruang khusus atau kelas. Untuk diskusi perangkat e-learning juga dilengkapi dengan media diskusi dalam bentuk chatting untuk semua user yang terdaftar. e-learning ini telah melalui tahap evaluasi formatif yaitu uji validasi materi, media dan pembelajaran dengan menggunakan instrument berskala likerts 5. Berdasarkan uji validasi didapatkan hasil, validasi materi 92,23%, validasi media 92,67% dan validasi pembelajaran 91.11% dengan interpretasi “sangat baik”. Setelah dilakukan revisi, media e-learning ini dilakukan uji lapangan oleh dua guru fisika yang mendapatkan hasil 91,7% dengan interpretasi “sangat baik” dan 36 siswa mendapatkan hasil 84.86% dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil dari uji n-gain yang dilakukan terhadap 15 siswa sebesar 0.7 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga produk e-learning yang dihasilkan sudah dapat dikatan layak sebagai media pembelajaran karena semua aspek uji validasi telah melebihi persentase 60%.
Ketersediaan
F1517021 | F15.17 021 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F15.17 021
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
F15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Amanda Yulia
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain