Image of Pengembangan E-Learning Menggunakan Cms (Content Management System) Wordpress Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA Pada Kelas XI Semester 1

Text

Pengembangan E-Learning Menggunakan Cms (Content Management System) Wordpress Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA Pada Kelas XI Semester 1



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media e-learning menggunakan CMS Wordpress sebagai media pembelajaran fisika SMA untuk kelas XI Semester 1. Model penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan (research & development). Pengembangan e-learning menggunakan CMS Wordpress ini dapat menampilkan materi fisika yang diperkaya dengan video yang terintegrasi sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep yang dikaji. Media e-learning ini juga dilengkapi dengan perangkat penilaian yang dapat digunakan secara online. Media e-learning yang dihasilkan dapat memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri tanpa harus berada dalam suatu ruang khusus atau kelas. Untuk diskusi perangkat e-learning juga dilengkapi dengan media diskusi dalam bentuk chatting untuk semua user yang terdaftar. e-learning ini telah melalui tahap evaluasi formatif yaitu uji validasi materi, media dan pembelajaran dengan menggunakan instrument berskala likerts 5. Berdasarkan uji validasi didapatkan hasil, validasi materi 92,23%, validasi media 92,67% dan validasi pembelajaran 91.11% dengan interpretasi “sangat baik”. Setelah dilakukan revisi, media e-learning ini dilakukan uji lapangan oleh dua guru fisika yang mendapatkan hasil 91,7% dengan interpretasi “sangat baik” dan 36 siswa mendapatkan hasil 84.86% dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil dari uji n-gain yang dilakukan terhadap 15 siswa sebesar 0.7 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga produk e-learning yang dihasilkan sudah dapat dikatan layak sebagai media pembelajaran karena semua aspek uji validasi telah melebihi persentase 60%.


Ketersediaan

F1517021F15.17 021Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F15.17 021
Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
F15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this