Image of Pengembangan E-Learning Berbasis Chamilo Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester II

Text

Pengembangan E-Learning Berbasis Chamilo Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester II



Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis Chamilo pada materi Fisika SMA Kelas X Semester II yang dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran dan menjadi alat bantu pembelajaran untuk penyampaian materi dan tugas-tugas terstruktur untuk siswa kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Perangcangan ini menggunakan Learning Management System (LMS) Chamilo untuk mendesain dan mengatur penyelenggaraan pembelajaran. E-learning yang dihasilkan menampilkan materi pembelajaran yang dapat dibaca di layar komputer atau dapat juga diunduh. Dalam kotak menu pembelajaran, materi diperkaya dengan video pembelajaran dan tes pemahaman siswa. Selain menu pembelajaran, e-learning dilengkapi dengan agenda dan forum diskusi antar pengguna dengan tampilan yang mudah digunakan dan menarik. Hasil uji kelayakan perangkat e-learning oleh ahli materi adalah 86,67%, ahli media 92,39%, dan ahli pembelajaran 94,47%. Sedangkan uji efektivitas oleh siswa SMA Pusaka 1 Jakarta memperoleh skor gain sebesar 0,5 atau interpretasi kenaikan skor sedang. Dari hasil uji kelayakan dan uji efektivitas perangkat e-learning, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat elearning yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran online dan membantu proses pembelajaran tatap muka di kelas.


Ketersediaan

F1517022F15.17 022Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F15.17 022
Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
F15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this