Image of Perbandingan Antara Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Simulasi Phet dengan Menggunakan Kit Praktikum Teori Kinetik Gas

Text

Perbandingan Antara Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Simulasi Phet dengan Menggunakan Kit Praktikum Teori Kinetik Gas



Penelitian Quasi Eksperimen ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kelompok siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bekasi yang menggunakan metode eksperimen dengan simulasi PhET dan metode eksperimen dengan kit praktikum. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t sebagai uji hipotesis. Setelah melalui uji hipotesis terhadap data, didapat hasil thitung (3,052) lebih besar dari ttabel (1,668) dengan α=5% yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Hasil rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen 2 (70,85) lebih besar daripada kelas eksperimen 1 (63,26), sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode eksperimen menggunakan simulasi PhET lebih efektif digunakan dalam pembelajaran materi teori kinetik gas kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bekasi.


Ketersediaan

F1517029F15.17 029Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F15.17 029
Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
F15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this