Detail Cantuman
Advanced SearchText
Perbandingan Antara Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Simulasi Phet dengan Menggunakan Kit Praktikum Teori Kinetik Gas
Penelitian Quasi Eksperimen ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kelompok siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bekasi yang menggunakan metode eksperimen dengan simulasi PhET dan metode eksperimen dengan kit praktikum. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t sebagai uji hipotesis. Setelah melalui uji hipotesis terhadap data, didapat hasil thitung (3,052) lebih besar dari ttabel (1,668) dengan α=5% yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Hasil rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen 2 (70,85) lebih besar daripada kelas eksperimen 1 (63,26), sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode eksperimen menggunakan simulasi PhET lebih efektif digunakan dalam pembelajaran materi teori kinetik gas kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bekasi.
Ketersediaan
F1517029 | F15.17 029 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
F15.17 029
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
F15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Wawan Andriana
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain