Image of Pengembangan E-Learning  Fisika dengan Moodle pada Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak di SMA

Text

Pengembangan E-Learning Fisika dengan Moodle pada Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak di SMA



Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangakan e-learning menggunakan Moodle untuk fisika SMA. E-learning ini Penelitian ini dilakukan di Lab Digital Fisika UNJ dimulai sejak November 2016–Mei 2017. Pada pengembangan e-learning dan ujicoba penggunaan dilakukan di SMA Negeri 9 Tangerang model penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan (research & development) yang dirancang oleh Walter Dick dan Lou Carey yang dimodifikasi oleh Atwi Suparman yang terdiri dari sembilan tahap pengembangan pada materi Hukum Newton tentang Gerak. Hukum Newton tentang gerak terdiri dari tiga hukum, yaitu Hukum I Newton, Hukum II Newton, dan Hukum III Newton. E-learning ini sudah melalui tahap evaluasi formatif yaitu uji validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran dengan menggunakan instrumen berskala likert 5. Hasil validasi ahli materi 84% berkategori baik, ahli media 87,26% berkategori baik, dan ahli pembelajaran 89,16% berkategori baik. Setelah direvisi, e-learning ini dilakukan uji lapangan oleh tiga guru fisika SMA dengan nilai 82,24% berkategori baik dan 30 siswa SMA 78,42% berkategori baik. Hasil dari penelitian ini berupa e-learning online menggunakan Moodle untuk materi hukum Newton tentang gerak dinyatakan layak bagi pembelajaran fisika SMA.


Ketersediaan

F1517038F15.17 038Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F15.17 038
Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
F15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this