Image of Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Kajian Fisika dalam Alat Musik Kordofon untuk Pembelajaran Bermakna

Text

Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Kajian Fisika dalam Alat Musik Kordofon untuk Pembelajaran Bermakna



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan pengetahuan yang layak berdasarkan empat kriteria penilaian buku pengayaan, yaitu materi, penyajian, bahasa, dan grafika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Development, Design, Impelementation, dan Evaluation). Hasil dari pengembangan ini berupa buku pengayaan yang menyajikan konsep musik dan alat musik dari sudut pandang fisika yang mencakup gelombang bunyi, resonansi bunyi, panjang gelombang, frekuensi, intensitas bunyi, warna suara dan tangga nada. Buku pengayaan yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli dan diuji kepada siswa SMA untuk melihat keefektifan buku pengayaan. Hasil validasi ahli media sebesar 94%, pembelajaran sebesar 81%, materi sebesar 98% dan validasi uji orisinalitas 89% original. Hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa pendidik menerima dengan sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 86% dan peserta didik 84%. Kebermaknaan buku pengayaan di uji cobakan kepada ahli pembelajaran, pendidik, dan peserta didik, dengan hasil 79% oleh ahli pembelajaran, 81% oleh pendidik, dan 85% oleh peserta didik. Berdasarkan data uji validasi dan uji lapangan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan pengetahuan yang telah dikembangkan layak digunakan dan mendukung kebermaknaan dalam pembelajaran fisika.


Ketersediaan

F1517044F15.17 044Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F15.17 044
Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
F15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this