Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengembangan E-Module Kimia Kelas XI Sebagai Sumber Belajar Siswa pada Materi Termokimia](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_skripsi.png.png&width=200)
Text
Pengembangan E-Module Kimia Kelas XI Sebagai Sumber Belajar Siswa pada Materi Termokimia
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk (1) memperoleh informasi tentang kebutuhan guru dan siswa terhadap sumber belajar siswa berupa e-Module kimia, (2) mendapatkan saran dan masukan dari para ahli materi, bahasa dan media terhadap pengembangan e-Module, (3) mendapatkan saran dan masukan dari guru dan siswa terdahap pengembangan e-Module, (4) memperoleh produk berupa e-Module kimia pada materi termokimia dan mendapatkan dokumen untuk disebarluaskan melalui flasdisk dan dropbox. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: (1) analisis pendahuluan dan kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan e-Module, (4) validasi e-Module oleh ahli materi, bahasa dan media, (5) revisi, (6) uji coba e-Module skala kecil, (7) revisi, (8) uji coba e-Module skala besar, (9) revisi akhir e-Module. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 42 Jakarta dan lima guru. Pengembangan e-Module termokimia dibuat dengan menggunakan aplikasi 3D PageFlip Professional 1.7.7. Instrumen yang digunakan diadopsi dari instrumen penilaian buku teks pelajaran kimia SMA/MA oleh Puskurbuk dalam BSNP. Hasil penelitian diperoleh persentase dengan rentang nilai 81,5-84% yang menunjukkan e-Module mendapat respon positif dari siswa. Selain itu, e-Module mendapat respon positif dari guru dengan persentase rentang nilai 80-92,5%. Hasil validasi oleh ahli juga menunjukkan persentase rentang nilai 75-95% yang menyatakan “baik” karena telah memenuhi deskripsi kelayakan e-Module.
Ketersediaan
K1517001 | K15.17 001 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
K15.17 001
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
K15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Sefty Laela Hidayah
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain