Image of Analisis Model Mental Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 8E pada Materi Hidrolisis Garam

Text

Analisis Model Mental Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 8E pada Materi Hidrolisis Garam



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model mental siswa di SMA Negeri 42 di Jakarta dalam penerapan model pembelajaran Learning Cycle 8E pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 5 sebanyak 36 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik writing-drawing, wawancara mendalam, observasi kelas, reflektif jurnal siswa. Teknis analisis data yang dilakukan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Observasi kelas dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan penelitian, hal ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik siswa dan lingkungan pembelajaran di dalam kelas. Sedangkan teknik wawancara dilakukan setelah proses pembelajaran, hal tersebut dilakukan untuk memahami model mental siswa secara mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI MIPA 5 berdasarkan hasil lembar kerja yang siswa kerjakan, pada sub materi konsep dan proses reaksi hidrolisis dan konsep, sifat-sifat dan pH larutan garam di peroleh bahwa setiap tahap munculnya model mental siswa dihasilkan kategori diantaranya paham, tidak paham, dan miskonsepsi. Ketiga kategori tersebut dianalisis pada keempat tahap munculnya pemahaman konsep siswa dari model pembelajaran Learning Cycle 8E yaitu explore, elaborate, extend, dan explain. siswa membangun model mental berdasarkan pemahaman dan pengalaman siswa yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Model pembelajaran ini juga berdampak pada perkembangan soft skills antara lain empati komunikasi, berfikir kritis, dan bekerja sama.


Ketersediaan

K1517006K15.17 006Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 006
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this