Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Dipadu Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Hidup](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_skripsi.png.png&width=200)
Text
Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Dipadu Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Hidup
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu TSTS terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan asam basa terintegrasi pendidikan lingkungan hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di SMAN 89 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif tipe Quasi Experiment dengan Posttest Only Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa pada masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik keterampilan proses sains dengan skala penilaian 1 sampai 4 dan hasil belajar (posttest) berupa pilihan ganda. Rata-rata skor keterampilan proses sains siswa kelas kontrol sebesar 2,8 sedangkan kelas eksperimen sebesar 3,1 dengan kategori baik. Berdasarkan analisis statistik diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen ( thitung= 7,14; ttabel= 1,66 maka thitung> ttabel), sehinga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry dipadu TSTS berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan asam basa terintegrasi pendidikan lingkungan hidup.
Ketersediaan
K1517009 | K15.17 009 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
K15.17 009
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
K15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Hadits Rafidah Deli
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain