Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Ion dan Ph Larutan Garam Kelas XI di SMAN 54 Jakarta

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Ion dan Ph Larutan Garam Kelas XI di SMAN 54 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam kelas XI di SMAN 54 Jakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 54 Jakarta pada tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sehingga, diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas memiliki jumlah siswa yang sama banyak yaitu 36 siswa. Pembelajaran pada kelas eksperimen mengggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah soal posttest pilihan ganda berjumlah 30 soal. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yaitu uji-t. Rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa di kelas eksperimen sebesar 81,82 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 77,84. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 8,65; ttabel = 1,66 sehingga thitung > ttabel). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam dikarenakan dikarenakan siswa aktif selama pembelajaran dan adanya asisten guru di dalam kelompok membuat siswa yang segan bertanya kepada guru diberikan wadah untuk bertanya kepada asisten guru terlebih dahulu.


Ketersediaan

K1517011K15.17 011Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 011
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this