Image of Pengembangan Soft Skills Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada Materi Asam-Basa

Text

Pengembangan Soft Skills Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada Materi Asam-Basa



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soft skills siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran kimia Culturally Responsive Teaching pada materi asam-basa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAIT Nurul Fikri dan SMAN 51 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2017. Subjek penelitian adalah siswa XI IPA 1 dan kelas XI MIA 1. Penelitian yang dilakukan menggunakan metodologi kualitatif dengan menggunakan paradigma interpretivism. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara siswa, lembar observasi, reflektif jurnal siswa dan kuesioner Constructivist Chemistry Values Learning Environment Survey (CCVLES). Teknik keabsahan data yang digunakan ialah trustworthinnes dengan kriteria kredibilitas yang terdiri dari prolonged engangement, persistent observation, progressive subjectivity dan memberchecking.
Pendekatan Culturally Responsive Teaching mencakup 5 kategori yang terdiri dari content integration, facilitating of content knowledge, prejudice reduction, sosial justice dan academic development. Penerapan kelima kategori tersebut memberikan hasil positif berupa perkembangan soft skills siswa selama proses pembelajaran kimia. Soft skills yang diperoleh selama proses pembelajaran terdiri dari: (1) Bekerja Sama, (2) Berpikir Kritis, (3) Berpikir Kreatif (4) Kepemimpinan, (5) Religius, (6) Social and cultural awareness.


Ketersediaan

K1517012K15.17 012Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 012
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this