Detail Cantuman
Advanced SearchText
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Koloid Siswa SMK Melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar koloid siswa SMK melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 sampai bulan Maret 2017 di SMKN 7 Jakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-TR 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Indikator yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa antara lain minat siswa terhadap pelajaran, perhatian siswa dalam proses pembelajaran, semangat siswa untuk mengerjakan tugas-tugas, respon yang ditunjukan terhadap stimulus yang diberikan guru, tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas-tugas belajarnya, serta rasa senang dan puas siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar kuesioner motivasi belajar siswa dan lembar observasi bebas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI-TR 2 SMK Negeri 7 Jakarta. Pada siklus I, indikator perhatian siswa belum mencapai harapan. Pada siklus II, seluruh indikator telah mengalami peningkatan. Model pembelajaran Team Games
Tournament adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini menekankan siswa untuk bekerja sama dalam tim saat
kegiatan pembelajaran berlangsung. Turnamen yang diberikan sebagai
upaya mengukur kemampuan siswa dalam pencapaian pembelajaran.
Ketersediaan
K1517013 | K15.17 013 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
K15.17 013
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
K15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Khalied Romanthes Ghadarphy
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain