Image of Analisis Struktur Kognitif Siswa IPS dengan Free Word Association Tests dan Concept Mapping pada Pembelajaran Asam Basa dengan Model Learning Cycle 8E

Text

Analisis Struktur Kognitif Siswa IPS dengan Free Word Association Tests dan Concept Mapping pada Pembelajaran Asam Basa dengan Model Learning Cycle 8E



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur kognitif siswa XI IPS 1 di SMAN 89 Jakarta dengan free word association tests dan concept mapping dalam materi asam basa.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan paradigma penelitian interpretatif yang digunakan untuk memahami dan memaknai setiap fenomena yang terjadi dalam penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, free word association tests, dan concept mapping. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualtatif yang dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa XI IPS 1 memiliki peningkatan pemahaman dalam setiap tahap model Learning Cycle 8E yang digunakan. Kata kunci dan kalimat dibuat siswa berdasarkan pengalaman terdahulu dan pemahaman yang baru. Model Learning Cycle 8E memiliki dampak terhadap perkembangan struktur kognitif dan softskill siswa.Pengambilan data dalam penellitian ini menggunakan free word association tests yang dilakukan pada tahap explore, elaborate, extend, dan explain. Tahap concept mapping dilakukan pada akhir materi asam basa. Berdasarkan hasil penelitian, siklus Learning Cycle 8E dapat menurunkan persentase miskonsepsi pada konsep indikator dan kekuatan asam basa. Hal ini menunjukkan bahwa miskonsepsi siswa dapat diatasi dengan menggunakan model Learning Cycle 8E.


Ketersediaan

K1517014K15.17 014Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 014
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this