Image of Pengaruh Kegiatan Laboratorium Berbasis Model 5E terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa

Text

Pengaruh Kegiatan Laboratorium Berbasis Model 5E terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan laboratorium berbasis model 5E terhadap pemahaman konsep siswa pada materi asam basa. Penelitian dilakukan di SMAN 76 Jakarta pada semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa kegiatan laboratorium berbasis model 5E (engagement, exploration, explanation, elaboration, and evaluation), sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan kegiatan laboratorium tanpa berbasis model 5E. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal posttest yang berupa tes pemahaman konsep siswa, terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 3 soal esai. Rata-rata hasil tes kelas eksperimen adalah 65,01 sedangkan rata-rata hasil tes kelas kontrol adalah 51,28. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika non-parametik uji Mann-Whitney, menunjukkan hasil bahwa nilai Zhitung = 1,51 lebih kecil dari Ztabel/α= 1,64 atau Zhitung


Ketersediaan

K1517020K15.17 020Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 020
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this