Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengaruh Kegiatan Laboratorium Berbasis Model 5E terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_skripsi.png.png&width=200)
Text
Pengaruh Kegiatan Laboratorium Berbasis Model 5E terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan laboratorium berbasis model 5E terhadap pemahaman konsep siswa pada materi asam basa. Penelitian dilakukan di SMAN 76 Jakarta pada semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa kegiatan laboratorium berbasis model 5E (engagement, exploration, explanation, elaboration, and evaluation), sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan kegiatan laboratorium tanpa berbasis model 5E. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal posttest yang berupa tes pemahaman konsep siswa, terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 3 soal esai. Rata-rata hasil tes kelas eksperimen adalah 65,01 sedangkan rata-rata hasil tes kelas kontrol adalah 51,28. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika non-parametik uji Mann-Whitney, menunjukkan hasil bahwa nilai Zhitung = 1,51 lebih kecil dari Ztabel/α= 1,64 atau Zhitung
Ketersediaan
K1517020 | K15.17 020 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
K15.17 020
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
K15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Firza Luthfia Adlina
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain