Image of Implementasi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Pokok Larutan Penyangga di SMA Negeri 76 Jakarta

Text

Implementasi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Pokok Larutan Penyangga di SMA Negeri 76 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran POGIL pada materi larutan penyangga di SMA 76 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada Februari hingga Maret di SMA Negeri 76 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes dan Metacognitif Awareness Inventory (MAI) sebagai data pendukung. Berdasarkan hasil tes keterampilan metakognitif siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata hasil tes siswa sebesar 61. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, sebanyak 33 siswa (dari 36 siswa) atau 91,67% siswa mengalami peningkatan hasil tes keterampilan metakognitif bila dibandingkan dengan hasil tes keterampilan metakognitif siklus I. Seluruh indikator keterampilan metakognitif siswa mengalami peningkatan dengan masing-masing indikator mencapai persentase di atas 75%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran POGIL dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa XI IPA 3 pada materi larutan penyangga di SMAN 76 Jakarta.


Ketersediaan

K1517022K15.17 022Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 022
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this