Image of Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Sets terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga

Text

Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Sets terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga



Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh hasil belajar pada pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS pada kompetensi larutan penyangga. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 55 Jakarta yang dilaksanakan pada 3 April 2017 sampai dengan 24 Mei 2017. Pemilihan sampel penelitian berdasarkan teknik purposive sampling dari tiga kelas
diambil dua kelas, diperoleh kelas XI MIA A sebagai kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS dan kelas XI MIA B sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test grup desain. Instrumen yang digunakan adalah soal esay. Data hasil post-test kedua kelas, dianalisis dengan uji analisis statistik berupa uji t. Hasilnya, pada taraf signifikansi 5%, nilai thitung = 1,868 sedangkan nilai ttabel = 1,669 . Kesimpulannya terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS.


Ketersediaan

K1517023K15.17 023Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 023
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this