Image of Pirolisis Sederhana Limbah Plastik dan Implementasinya Sebagai Sumber Belajar Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) pada Pembelajaran Kimia

Text

Pirolisis Sederhana Limbah Plastik dan Implementasinya Sebagai Sumber Belajar Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) pada Pembelajaran Kimia



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Sumber Belajar pirolisis plastik berupa buku yang berbasis Education for Sustainable Development. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Jalaksana, SMAN 51 Jakarta dan SMAN 98 Jakarta pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 SMA sebanyak 51 orang.
Hasil interpretasi rata-rata uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli bahasa sebesar 89,63% yang menunjukkan bahwa buku sudah baik dalam hal kesesuaian materi, teknik penyajian, dan kelayakan bahasa. Sedangkan uji kelayakan media memberikan hasil interpretasi rata-rata sebesar 92,23% yang menunjukkan bahwa buku sudah baik dari segi kualitas instruksional dan kualitas teknis. Hasil interpretasi rata-rata pada peserta didik kelompok kecil adalah 85% yang menunjukkan bahwa buku sudah baik. Berdasarkan penilaian dari peserta didik kelompok kecil tersebut, buku diperbaiki dan dilakukan uji coba kembali pada kelompok besar dan didapatkan hasil interpretasi rata-rata sebesar 91,44% yang menunjukkan buku sudah baik dalam hal ukuran buku, desain kulit buku, kesesuaian materi, teknik penyajian, dan kelayakan bahasa. Hasil interpretasi yang baik dalam pengkajian oleh para ahli dan uji coba yang dilakukan pada peserta didik menunjukkan bahwa sumber belajar pirolisis plastik berupa buku yang berbasis Education for Sustainable Development ini layak untuk digunakan.


Ketersediaan

K1517025K15.17 025Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 025
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this