Image of Penerapan Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dalam Upaya Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Menggunakan Project Based Learning

Text

Penerapan Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dalam Upaya Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Menggunakan Project Based Learning



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan abad 21 peserta didik melalui penerapan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) menggunakan project based learning (PjBL) dalam pembelajaran kimia pada materi larutan asam dan basa. Pembelajaran pada abad 21 mendukung berkembangnya keterampilan kolaborasi, kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah yang ada. Oleh karena itu, fokus penelitian ini yaitu mengembangkan keterampilan abad 21 dengan menggunakan project based learning melalui pendekatan STEAM. Penerapan pendekatan STEAM di Indonesia masih belum banyak diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 59 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, reflektif jurnal, dokumentasi dan kuesioner keterampilan abad 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tahapan STEAM yang terintegrasi PjBL dapat memunculkan keterampilan abad 21. Penerapan pendekatan STEAM dalam pembelajaran menggunakan PjBL dapat mengembangkan keterampilan abad 21 yaitu berpikir kritis dan memecahkan masalah, kreatif dan inovatif, komunikasi dan kolaborasi, literasi informasi, literasi media, literasi teknologi, fleksibilitas dan adaptabilitas, inisiatif dan pengarahan diri sendiri, interaksi sosial dan lintas budaya, produktivitas dan akuntabilitas, kepemimpinan dan tanggung jawab.


Ketersediaan

K1517031K15.17 031Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 031
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this