Image of Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidadi Melalui Model Pembelajaran  Flipped Classroom dengan Cooperative Learning

Text

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidadi Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Cooperative Learning



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi reaksi reduksi oksidasi melalui model pembelajaran flipped classroom dengan cooperative learning. Cooperative Learning yang diterapkan dalam penelitian adalah tipe Number Head Together (NHT). Penelitian dilakukan pada Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 113 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus sampai keenam indikator motivasi belajar siswa tercapai. Indikator motivasi belajar siswa yang digunakan yaitu minat siswa dalam proses pembelajaran, perhatian siswa selama proses pembelajaran, respon yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan guru, semangat siswa dalam mengerjakan tugas–tugas belajar, tanggung jawab dalam mengerjakan tugas serta rasa senang dan puas dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru.
Siklus I menghasilkan dua indikator motivasi belajar yang tercapai, yaitu minat siswa dalam proses pembelajaran dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas–tugas belajar, pada siklus II semua indikator telah tercapai. Seiring dengan meningkatnya motivasi belajar siswa, rata–rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Model pembelajaran flipped classroom dengan cooperative learning memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.


Ketersediaan

K1517040K15.17 040Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 040
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this