Image of Pengaruh Media Mobile Game Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Koloid

Text

Pengaruh Media Mobile Game Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Koloid



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media mobile game based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 79 Jakarta. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3.
Penelitian dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Group Design. Media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Power Point untuk kelas kontrol dan media Mobile Game Based Learning pada kelas eksperimen. Sebelum dilakukan pembelajaran, masing-masing kelas diberikan pretest terlebih dahulu, kemudian diberikan posttest setelah dilakukan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata kemampuan memecahkan siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai thitung = 3,851 dan ttabel = 1,694. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan memecahkan masalah siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol sehingga terdapat pengaruh positif pada penerapan pembelajaran menggunakan media mobile game based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran koloid.


Ketersediaan

K1517045K15.17 045Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 045
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this