Image of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student
Team Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Asam Basa Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Hidup

Text

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Asam Basa Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Hidup



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi larutan asam basa terintegrasi pendidikan lingkungan hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive, yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran model Kooperatif STAD dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran 5M yang masing-masing berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar kimia berupa pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen adalah 81,297 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 74,324. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 3,709; ttabel = 1,666 sehingga thitung > ttabel). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi larutan asam basa terintegrasi pendidikan lingkungan hidup.


Ketersediaan

K1517046K15.17 046Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 046
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this