Image of Pengaruh Pendekatan Chemo-Enterpreneurship terhadap Life Skill Siswa pada Pokok Bahasan Asam Basa di SMA Negeri 113 Jakarta

Text

Pengaruh Pendekatan Chemo-Enterpreneurship terhadap Life Skill Siswa pada Pokok Bahasan Asam Basa di SMA Negeri 113 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Chemo-Enterpreneurship (CEP) terhadap life skill siswa kelas XI pada materi asam basa. Penelitian ini dilakukan di semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 113 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Non equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelompok eksperimen menggunakan metode praktikum aplikatif dengan pendekatan CEP sedangkan kelas kontrol menggunakan metode praktikum tanpa pendekatan CEP. Aspek life skill yang dinilai pada penelitian ini meliputi decision making, critical thinking, communication, goal-setting, dan solving
problems. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata life skill siswa pada kelas eksperimen (105,78) lebih besar dibanding kelas kontrol(99,06). Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung = 2,70 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang bermakna H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji t dapat disimpulkan bahwa pendekatan Chemo-Enterpreneurship (CEP) dapat meningkatkan life skill siswa pada materi asam basa.


Ketersediaan

K1517048K15.17 048Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 048
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this