Image of Penerapan Pendekatan Pembelajaran Science,B66  Technology, Engineering, Arts, And Mathematics (STEAM) dalam Upaya Mengembangkan Soft Skills Peserta Didik Menggunakan Project Based Learning

Text

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Science,B66 Technology, Engineering, Arts, And Mathematics (STEAM) dalam Upaya Mengembangkan Soft Skills Peserta Didik Menggunakan Project Based Learning



Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan soft skills peserta didik melalui penerapan pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dengan menggunakan project based learning pada materi asam basa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 107 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma intepretivism. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi lapangan, reflektif jurnal, kuesioner Constructivist Chemistry Values Learning Environment Survey (CCVLES), dan dokumentasi. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan enam tahapan project based learning, yaitu memberikan pertanyaan esensial, membuat perencanaan proyek, menyusun jadwal proyek, memonitor peserta didik dan perkembangan proyek, menilai atau menguji hasil, dan mengevaluasi pengalaman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEAM dengan menggunakan project based learning dapat mengembangkan soft skills peserta didik, yaitu bekerja sama, empati komunikasi, berpikir kritis, peduli lingkungan, kerja keras, keterampilan beradaptasi, tanggung jawab, berpikir kreatif, kepemimpinan, rasa ingin tahu, dan jujur.


Ketersediaan

K1517051K15.17 051Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.17 051
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
K15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this