Image of Hubungan Antara Kecerdasan Naturalistik dengan Kepedulian Lingkungan Siswa (Studi Korelasional terhadap Siswa SMA Negeri di Jakarta)

Text

Hubungan Antara Kecerdasan Naturalistik dengan Kepedulian Lingkungan Siswa (Studi Korelasional terhadap Siswa SMA Negeri di Jakarta)



Banyaknya permasalahan lingkungan yang muncul di masyarakat mengindikasikan belum terlaksananya pembangunan berkelanjutan yang baik. Pengendalian pencemaran dan pelestarian fungsi lingkungan hidup hendaknya dilakukan oleh setiap orang, termasuk siswa. Namun kenyataannya kepedulian siswa terhadap lingkungan tidak sesuai dengan harapan. Orang yang memiliki kepedulian lingkungan serta mampuberkontribusi terhadap lingkungannya merupakan orang yang memiliki kecerdasan naturalistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan naturalistik dengan kepedulian lingkungan siswa. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah keilmuan dalam bidang pendidikan maupun membantu dalam hal penataan, pengelolaan dan pembinaan sekolah. Penelitian dilakukan di SMAN 45 Jakarta pada Semester
II Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode survei melalui studi korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan naturalistik dengan kepedulian lingkungan siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,346. Bentuk hubungan antar variabel terlihat dari persamaan model regresi Ŷ = 78,218 + 0,876X. Kecerdasan naturalistik memberikan kontribusi terhadap kepedulian lingkungan siswa sebesar 11,972%.


Ketersediaan

B1517004B15.17 004Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.17 004
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
B15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this