Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi
Pembelajaran Biologi merupakan pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan alam. Pelaksanaan pembelajaran biologi dapat dilaksanakan melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) yang merupakan salah satu bentuk alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas yang menitik-beratkan pada kemampuan berpikir siswa, sehingga dapat tercapai hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan desain penelitian post-test only control group design. Jumlah sampel sebanyak 64 siswa kelas XI IPA. Sampel diambil dengan purposive sampling pada kelas XI yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Data yang digunakan adalah rata-rata skor hasil belajar kognitif. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji F. Sementara itu, hasil pengujian hipotesis dengan uji t independen pada α = 0,05 diperoleh angka sig. (2-tailed)
sebesar 0,000 < sig. α sebesar 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi.
Ketersediaan
B1517007 | B15.17 007 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
B15.17 007
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
B15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Shynta Felicia Souhoka
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain