Image of Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi



Pembelajaran Biologi merupakan pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan alam. Pelaksanaan pembelajaran biologi dapat dilaksanakan melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) yang merupakan salah satu bentuk alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas yang menitik-beratkan pada kemampuan berpikir siswa, sehingga dapat tercapai hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan desain penelitian post-test only control group design. Jumlah sampel sebanyak 64 siswa kelas XI IPA. Sampel diambil dengan purposive sampling pada kelas XI yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Data yang digunakan adalah rata-rata skor hasil belajar kognitif. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji F. Sementara itu, hasil pengujian hipotesis dengan uji t independen pada α = 0,05 diperoleh angka sig. (2-tailed)
sebesar 0,000 < sig. α sebesar 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi.


Ketersediaan

B1517007B15.17 007Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.17 007
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
B15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this