Image of Hubungan Antara Kepribadian dengan Rasa Ingin Tahu
(Studi Korelasional Terhadap Siswa di SMA Negeri 16 Jakarta)

Text

Hubungan Antara Kepribadian dengan Rasa Ingin Tahu (Studi Korelasional Terhadap Siswa di SMA Negeri 16 Jakarta)



Rasa ingin tahu merupakan salah satu karakter yang muncul dari kepribadian seseorang sebagai upaya untuk memahami secara lebih mendalam dan mendetail, khususnya pada diri siswa dalam pembelajaran disekolah. Terdapat lima dimensi kepribadian yaitu, openness to experiences, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticism, sebagai suatu pendekatan yang digunakan untuk melihat kepribadian manusia melalui sifat. Kepribadian yang akurat diharapkan berhubungan degan rasa ingin tahu siswa yang tinggi di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian dengan rasa ingin tahu siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 16 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan studi korelasional. Jumlah sampel sebanyak 100 siswa kelas XI MIPA. Uji prasyarat menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 27,602 + 0,8149X. Koefisien korelasi sebesar 0.47 yang berarti terdapat hubungan positif antara kepribadian dengan rasa ingin tahu siswa kelas XI MIPA di SMAN 16 Jakarta. Uji korelasi masing-masing dimensi kepribadian menunjukkan, conscientiousness (kesungguhan) yang mempunyai kontribusi lebih tinggi dibanding keempat dimensi lainnya yaitu dengan koefisien korelasi sebesar 0,16.


Ketersediaan

B1517015B15.17 015Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.17 015
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
B15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this