Image of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Berbantuan Flip Chart terhadap Hasil Belajar IPA di SMPN 148 Jakarta

Text

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Berbantuan Flip Chart terhadap Hasil Belajar IPA di SMPN 148 Jakarta



Rendahnya minat membaca siswa di SMPN 148 Jakarta diketahui dari data perpustakaan dalam rentang waktu Juli 2016 - Februari 2017 yang menunjukan bahwa rata-rata jumlah siswa yang mengunjungi perpustakaan untuk melakukan kegiatan membaca sekitar 13 siswa. Rendahnya minat membaca siswa ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan flip Chart terhadap hasil belajar biologi di SMPN 148 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan post-test only control group desain. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan melakukan test hasil belajar pada akhir pembelajaran. Instrument yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 23 soal dengan materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar biologi pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan nilai Sig. (2-tail = 0,009) < α/2 (0,025). Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan flip Chart berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa.


Ketersediaan

B1517018B15.17 018Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.17 018
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
B15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this