Image of Pengembangan Video Tutorial Penunjang Praktikum Pengamatan Sel Sebagai Bahan Belajar Mandiri Siswa SMA Kelas XI

Text

Pengembangan Video Tutorial Penunjang Praktikum Pengamatan Sel Sebagai Bahan Belajar Mandiri Siswa SMA Kelas XI



Video pembelajaran adalah media atau alat bantu mengajar yang berisi pesan-pesan pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran berupa video dapat menggambarkan suatu proses berulang-ulang dan mempersingkat waktu untuk sebuah proses yang memerlukan waktu lama. Pengembangan media video yang dapat dikembangkan salah satunya adalah video tutorial penunjang praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video tutorial penunjang praktikum pengamatan sel sebagai bahan belajar mandiri siswa SMA Kelas XI. Penelitian diujikan di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan tahap-tahap: (1) Pra Pengembangan (2) Pengembangan Produk, (3) Uji Coba Produk. Video tutorial penunjang praktikum yang dikembangkan dengan pengemasan CD berupa aplikasi Flash. Pengembangan produk ini menggunakan beberapa fasilitas perangkat lunak (software) yaitu: Program Power Point, Adobe Flash CS6, Adobe Illustrator CC2015, Photoshop CC2015, Adobe Premier, After Effect, dan Format Factory. Video tutorial penunjang praktikum ini berisi video tutorial kegiatan praktikum pengamatan sel, contoh hasil pengamatan berupa video, kompetensi dasar, bagian-bagian mikroskop serta video tutorial penggunaan mikroskop, dan kuis. Rata-rata hasil uji coba produk pada tahap akhir oleh ahli materi yaitu 93,09% dan oleh ahli media yaitu 81% dengan interpretasi keduanya yaitu sangat baik. Rata-rata hasil uji coba produk pada kelompok kecil yaitu 63% dengan interpretasi baik, sedangkan kelompok besar yaitu 90% dengan interpretasi sangat baik. Rata-rata hasil uji coba oleh guru yaitu 93,09% dengan interpretasi sangat baik. Oleh karena itu, berdasarkan rata-rata hasil uji coba dan interpretasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa video tutorial praktikum pengamatan sel sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA Kelas XI berhasil dikembangkan dengan rata-rata interpretasi sangat baik.


Ketersediaan

B1517022B15.17 022Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.17 022
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
B15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this