Image of Hubungan Self-Discipline dengan Hasil Belajar IPA kelas IX di SMPN Jakarta

Text

Hubungan Self-Discipline dengan Hasil Belajar IPA kelas IX di SMPN Jakarta



Keberhasilan dari kegiatan belajar dan proses pembelajaran terlihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil Belajar IPA peserta didik beragam, hal ini disebabkan berbagai macam faktor salah satunya adalah self-discipline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-discipline dengan hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian dilakukan di kelas IX SMPN 216 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif studi korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 152 peserta didik kelas IX. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner self-discipline dan tes hasil belajar IPA kelas IX semester genap. Uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett yang setelah diuji, diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil yang diperoleh adalah model regresi . = 24,976 + 0,504 X, koefisien korelasi yang diperoleh 0,421 dan koefisien determinasi korelasi sebesar 0,177. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan tingkat hubungan cukup tinggi antara self-discipline dengan hasil belajar IPA peserta didik.


Ketersediaan

B1517033B15.17 033Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.17 033
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
B15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this