Detail Cantuman
Advanced SearchText
Hubungan Self-Discipline dengan Hasil Belajar IPA kelas IX di SMPN Jakarta
Keberhasilan dari kegiatan belajar dan proses pembelajaran terlihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil Belajar IPA peserta didik beragam, hal ini disebabkan berbagai macam faktor salah satunya adalah self-discipline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-discipline dengan hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian dilakukan di kelas IX SMPN 216 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif studi korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 152 peserta didik kelas IX. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner self-discipline dan tes hasil belajar IPA kelas IX semester genap. Uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett yang setelah diuji, diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil yang diperoleh adalah model regresi . = 24,976 + 0,504 X, koefisien korelasi yang diperoleh 0,421 dan koefisien determinasi korelasi sebesar 0,177. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan tingkat hubungan cukup tinggi antara self-discipline dengan hasil belajar IPA peserta didik.
Ketersediaan
B1517033 | B15.17 033 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
B15.17 033
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
B15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Hoeruninsyah Setiabudi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain