Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Learning dan Kecerdasan Naturalis terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem
Model pembelajaran Outdoor Learning ialah suatu pembelajaran yang dilakukan di luar kelas. Model ini merupakan salah satu model yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar pada materi ekosistem dengan didukung kecerdasan yang dimiliki siswa. Siswa dengan kecerdasan naturalis tinggi dapat dengan mudah memahami materi dengan melihat objek pembelajaran secara konkret sehingga proses pembelajaran akan lebih bermakna melalui kegiatan outdoor learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran outdoor learning dan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Jumlah sampel sebanyak 36 siswa kelas X MIPA SMAN 64 Jakarta. Uji Prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji ANAVA dua arah pada taraf signifikansi α=0,05. Pengujian hipotesis pertama menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model pembelajaran outdoor learning dan STAD dengan nilai signifikansi sebesar 0,049. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan naturalis tinggi dan rendah dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan naturalis dengan nilai signifikansi sebesar 0,295. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran outdoor learning dan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem.
Ketersediaan
B1517037 | B15.17 037 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
B15.17 037
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
B15.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Fathul Tsabitah Kultsum
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain