Image of Pengaruh Personality dan New Environmental Paradigm (NEP) terhadap Responsible Environmental Behavior (REB) Siswa (Studi Kausal terhadap Siswa Sma Negeri Jakarta)

Text

Pengaruh Personality dan New Environmental Paradigm (NEP) terhadap Responsible Environmental Behavior (REB) Siswa (Studi Kausal terhadap Siswa Sma Negeri Jakarta)



Perilaku tanggung jawab lingkungan timbul dari kesadaran akan permasalahan lingkungan yang sering terjadi. Kesadaran inilah yang memunculkan niat dan tekad siswa untuk menentukan sikap dan perilaku terhadap masalah yang dihadapi. Perilaku tanggung jawab lingkungan yang dimiliki siswa merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor. Faktor tersebut diantaranya yaitu kepribadian dan paradigma siswa terhadap lingkungan. Siswa dapat memiliki perilaku tanggung jawab lingkungan apabila kepribadian dan paradigma siswa terhadap lingkungan baik. Pengaruh kepribadian dan paradigma lingkungan memiliki peranan penting dalam memunculkan perilaku tanggung jawab siswa terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian dan paradigma lingkungan siswa terhadap perilaku tanggung jawab lingkungan. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Jakarta pada Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode survei melalui studi kausal dan dianalisis dengan analisis jalur. Sampel yang digunakan berjumlah 100 siswa kelas XI MIA. Hasil pengujian hipotesis diperoleh koefisien jalur X1 terhadap X2 sebesar 0,360, koefisien jalur X2 terhadap X3 sebesar 0,275, koefisien jalur X1 terhadap X3 melalui X2 sebesar 0,099. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kepribadian terhadap perilaku tanggung jawab lingkungan secara tidak langsung melalui paradigma lingkungan siswa SMAN 1 Jakarta.


Ketersediaan

B1517039B15.17 039Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.17 039
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
B15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this